Jumat, 10 Mei 2013

Klasifikasi Batuan

Klasifikasi Batuan.
Berdasarkan proses terjadinya batuan dibedakan menjadi tiga bentuk yakni :

BATUAN BEKU
Terjadi dari magma (batuan cair) yang mengalami proses pendinginan,kemudian membeku. Berdasarkan tempat pembekuan batuan beku dibagi menjadi 3 macam yaitu :

1.Batuan beku dalam. :pembekuannya terjadi di dalam,jauh dibawah permukaan bumi.Proses pendinginannya sa ngat lambat.Hal ini mengakibatkan terbentuknya hablur-hablur mineral besar-besar dan sempurna serta kompak.
struktur mineral seperti itu disebut Struktur plutonik atau granites(holokristalin)Batuan beku dalam disebut batuan Abisis.Contoh batuan granit,diorit,sienit ,dan gabro.

2.Batuan beku gang atau korok atau hipabisis.Sisa magma yang masih cair meresap ke lapisan yang lebih atas dan menyusup ke sela-sela pipa-pipa gunung api,kemudian menjadi dingin dan membeku.Proses pemekuannya relatif lebih cepat,sehingga hablur-hablur (kristal-kristal) yang terjadi tidak sekompak bayuan beku dalam.Struktur batuan beku gang disebut Struktur porfiris.Contoh :Granit,porfirisdiorit,porfiris sienit,dan porfiri.

3.Batuan beku luar atau batuan beku effusive.:Batuan beku macam ini terjadi dari magma yang mencapai permukaan bumi,kemudian membeku.Proses pembekuannya cepat sekali,sehingga dapat terbentuk kristal(hablur)Misalnya pada tekstur porfiritik.

BATUAN SEDIMEN

Batuan beku yang tersingkap di permukaan bumi akan mengalami penghancuran oleh pengaruh cuaca,kemudian diangkat oleh tenaga alam seperti air,angin,gletser,dan diendapkan di tempat lain,sehingga terbentuk batuan sedimen.
Berdasarkan proses terjadinya batuan sedimen dibedakan atas :

a.Batuan Klastik atau Mekanik yang terbentuk dari gumpalan batu besar yang diangkut dari lereng gunung melalui air hujan lalu diangkut oleh arusd sungai dan kemudian diendapkan di daereah hilir dalam bentuk pasai yang susunan kimiawinya masih sama dengan batuan asal.Ini berarti pengendapan itu melalui proses mekanik
.
Contoh batuan klatik yaitu :
1.breksi
2.klonglomerat
3.pasir
4,tanah liat.

b.Batuan sedimen kimiawi.terbentuk melalui proses kimiawi,seperti yang terjadi pada batu kapur di bagian atap gua kapur.Batu kapur yang diresapi air hujan yang mengandung karbondioksida akan larut dalam bentuk larutan kapur.Sebagian larutan itu menetes dari atap gua dan jatuh kr dasar gua yang kering,sebagian lagi menempel pada bagian atas gua sehingga terbentuklah endapan kapur sebagai sisa penguapanair kapur pada saat larutan itu menetes.Terbentuklah stalaktit dan stalakmit yang merupakan contoh batuan kimiawi.

c.Batuan organis,dibentuk dari penumpukan sisa-sisa tumbuhan dan hewan.contoh batu karang

   Berdasarkan tenaga pengangkutnya(medianya) batuan sedimen terbagi atas :

a.sedimen akuatis,diendapkan oleh air.contoh batu pasir,tanah liat.
b.sedimen aeolis (aeris)diendapkan oleh angin(udara).contoh tnah loss,tanah pasir.
c.sediemn glasial diendapkan oleh gletser.contoh batuan morena.

   Berdasarkan tempat diendapkannya dibedakan menjadi :

a.sedimen terestris diendapkan didarat.contoh:batu tuf,batu pasir,tanah loss
b.sedimen marine diendapkan di laut,contoh:batu karang,batu garam
c.sedimen fluvial diendapkan disungai,contoh:pasir,tanah liat.
d.sedimen limnis diendapkan di dnau/rawa,contoh tanah rawa dan tanah gambut.
e.sediemn glasial diendapkan di daerah ber es ,contoh batu morena.

BATUAN METAMORF

c,Batuan metamorf :adalah batuan hasil ubahan dari batuan asal akibat proses metamorfosis yaitu suatu proses yang dialami batuan asal akibat tekan dan suhu yang sama-sama meningkat.
Batuan metamorfosis diklasifikasikan sebagai berikut.

a.batuan metamorfik termik(kontak):adalah batuan yg terbentuk karean kanikan suhu.Misalnya batuan kapur berubah menjadi marmer/pualam. Contoh:tambang marmer di Ciputat ,bandung dan Tulungagung
.
b,batuan metamorf dinamik :adalah batuan yang terbentuk akibat tekanan datri lapisan di atasnya dalam waktu yang lama.Batuan metamorf dinamik disebut juga batuan metamorf kinetis. Contoh batu tulis(sabak) yang berasal dari tanah liat.

c.batuan metamorf kontak pneumatolotik adalah batuan yang terbentuk akibat adanya penembagan suhu disertai menyusupnya unsur-unsur lain(zat lain). Contoh:kuarsa yang dalam proses metamorfosisnya disusupi unsur boron akan menghasilkan turmalin,sedangkan jika disusupi fluorium akan menghasilkan topas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar